Geolistrik Digunakan Buat Mencari Sumber Air Tanah di Posisi TMMD Tegal

Ahli senior geologi serta geofisika asal Kota Semarang, Kabupaten Jawa Tengah, Dwiyanto( 68) mantan dosen geologi serta metode sipil UNDIP Semarang, melaksanakan pemetaan keberadaan sumber mata air dasar tanah di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Senin( 22/ 7/ 2019).

Upaya ini dikerjakannya guna menolong dinas terpaut di Kabupaten Tegal serta Satuan Tugas Tentara Nasional Indonesia(TNI) Manunggal Membangun Desa( TMMD) Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, dalam menanggulangi krisis kekeringan yang menyerang warga setempat Jasa Geolistrik Bandung .

Dalam mapping ini, dirinya bersama regu bawa perlengkapan geolistrik berbentuk resistivity m, yang berperan buat mengetahui keberadaan sumber air di dalam tanah yang keberadaannya sangat khusus serta tidak menyebar menyeluruh, bergantung kepada kondisi geologi dasar tanah( susunan pembawa air ataupun susunan kedap air).

Geolistrik ialah salah satu tata cara geofisika yang bertujuan mengenali sifat- sifat kelistrikan susunan batuan di dasar permukaan tanah. Metode kerjanya merupakan dengan menyuntikkan arus listrik ke dalam tanah buat setelah itu dibaca perlengkapan.

“ Jadi bila arus listriknya dialirkan di dalam tanah serta gradien tekanan listriknya diukur, hingga keadaan susunan batuan di bawahnya bisa diperkirakan,” jelasnya.

Baca Juga : Pemicu Peringkat Web Senantiasa Naik- Turun di Google

Dibeberkan pula oleh periset tanah bergerak serta kebocoran saluran pipa air dasar tanah ini kalau, resistivitas batuan( tahanan tipe batuan) bisa diukur dengan memasukkan arus listrik ke dalam tanah lewat 2 titik elektroda di permukaan tanah serta titik yang lain buat mengukur beda potensial di permukaan yang sama. Sebaliknya buat tahanan listrik, bisa berbeda- beda bergantung dari mutu batuan, derajat kepadatan serta keadaan kelembaban tanah.

Jadi guna geolistrik itu sendiri merupakan perencanaan sesi dini dalam penerapan eksplorasi air tanah berikutnya.( Aan/ Spj)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *