Meninggalkan Pasangan yang Melecehkan Secara Emosional – 4 Langkah untuk Menjaga Kesehatan dan Sanitas

Hubungan yang mengandung unsur pelecehan psikologis dan emosional sangat sulit untuk ditinggalkan. Pelaku kekerasan tahu apa yang harus dikatakan dan bagaimana mengatakannya untuk meyakinkan Anda bahwa persepsi Anda salah, masalahnya adalah kesalahan Anda, dia akan berubah, dll. Dialog dapat berubah, tetapi taktiknya sama: Menggambar Anda kembali ke dalam hubungan dan menegaskan kendali atas Anda. Jika Anda sedang dalam proses, atau mempertimbangkan untuk meninggalkan seseorang yang secara emosional dan psikologis melecehkan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu diri Anda sendiri melalui proses yang sulit ini. Berikut adalah 4 langkah jual dr laser untuk menjaga kesehatan dan kewarasan saat Anda meninggalkan hubungan yang penuh kekerasan secara emosional dan psikologis:

1. Makan dengan benar. Pikiran dan tubuh berhubungan erat, dan kesehatan yang satu berdampak pada kesehatan yang lain. Dengan merawat tubuh Anda, Anda memberi diri Anda lebih banyak kekuatan emosional untuk melewati saat-saat yang menantang. Fokus pada makan sayur dan buah segar, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Kurangi asupan makanan olahan dan gula, dan hindari makan karena stres. Konsumsi suplemen, dimulai dengan multivitamin berbasis makanan yang baik, kalsium jika Anda tidak mengonsumsi makanan kaya kalsium dalam jumlah besar. Minyak ikan memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan kesehatan otak.

2. Menerapkan program latihan yang disetujui dokter. Jenis latihan yang ideal untuk meningkatkan suasana hati Anda adalah latihan kardiovaskular karena latihan ini mendorong pelepasan endorfin, senyawa yang terasa baik yang dilepaskan ke dalam tubuh selama latihan. Yang Anda inginkan adalah aktivitas yang meningkatkan detak jantung Anda untuk jangka waktu yang lama. Idealnya, Anda akan melakukan latihan kardio selama 45 menit sebanyak 5 kali seminggu. Namun, olahraga apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali, jadi berusahalah untuk bergerak, bagaimanapun Anda bisa mengelolanya.

3. Bicarakan masalah dan trauma yang Anda hadapi. Perhatikan fakta bahwa Anda telah melalui banyak hal secara emosional. Seorang konselor profesional yang mengkhususkan diri pada masalah pelecehan dapat sangat membantu dalam menawarkan perspektif terlatih dan tidak memihak tentang Anda dan apa yang telah terjadi. Teman dan keluarga juga sangat penting untuk didekati selama ini untuk mendapatkan dukungan emosional.

4. Yang terpenting, lakukan segala upaya untuk menghindari kontak dengan pelaku kekerasan Anda. Pikirkan orang ini seperti racun yang berpotensi merusak Anda kapan pun Anda berinteraksi. Jika Anda harus berkomunikasi karena anak-anak, dll, pertahankan agar percakapan tetap pada topik. Anda tidak perlu menanggapi apa pun di luar topik, jadi abaikan pesan atau katakan, “Saya perlu menutup telepon sekarang,” jika pelaku kekerasan mencoba menarik Anda kembali ke percakapan pribadi. Ini adalah latihan yang luar biasa dalam menetapkan batasan Anda dan mendapatkan kembali kekuasaan Anda atas siapa dan apa yang Anda izinkan ke dalam dunia Anda. 

Apakah Anda tertarik untuk mengatasi tantangan hidup Anda dari sudut pandang holistik, menilai komponen fisik, emosional, dan hubungan?

Baca Juga: Rayap – Mimpi Buruk Pemilik Rumah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *