Rayap – Mimpi Buruk Pemilik Rumah

Rayap adalah mimpi terburuk pemilik rumah. Mereka menyerang rumah Anda, tinggal di dinding, lantai, dan loteng. Mereka melakukan kerusakan signifikan pada properti Anda yang dapat menghabiskan banyak uang. Bagian terburuknya adalah kerusakan serius dapat terjadi bahkan sebelum Anda tahu bahwa mereka telah menyerbu rumah Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sedikit tentang rayap dan cara mencari tanda-tanda bahwa rumah Anda mungkin penuh.

Berikut adalah tiga jenis rayap utama yang ditemukan di Indonesia:

  1. Rayap Tanah – Ini adalah rayap paling umum di Indonesia dan warnanya coklat dan hitam. Mereka tinggal jauh di bawah tanah dan jutaan makhluk kecil yang bertelur ini bisa saja tinggal di bawah halaman rumput Anda dan Anda bahkan tidak akan menyadarinya. Mereka menarik uap air dari tanah tempat mereka tinggal, tetapi mereka akan memakan kayu di rumah Anda sampai kayu itu hancur.
  2. Rayap kayu basah – Rayap kayu basah biasanya menempati kayu yang membusuk yang tetap lembab dan basah karena adanya kontak dengan tanah atau hal lain yang menunjangnya, misalnya melalui kebocoran air di sebuah bangunan.Mereka paling mungkin untuk bersarang pada kayu yang berada di area outdoor, seperti pohon, tunggul atau kayu yang bersentuhan dengan tanah.
  3. Rayap Kayu Kering – Rayap kayu kering berwarna merah atau coklat muda dan karena tidak membutuhkan kelembapan sebanyak rayap tanah, mereka cenderung membuat rumah di kayu dan bahan lain yang digunakan di rumah Anda. Mereka dapat melakukan banyak kerusakan dan biasanya tidak terdeteksi sampai semuanya terlambat, kecuali jika Anda mulai merombak rumah Anda dan menyadari kerusakannya.

Ketiga rayap ini adalah makhluk yang sangat kecil dengan empat sayap besar, transparan dan antenanya lurus. Mereka sangat kecil sehingga sulit untuk mendeteksinya kecuali Anda sedang mencarinya.

Ada perawatan yang berbeda untuk setiap jenis rayap dan mereka tercantum di bawah ini:

  • Rayap tanah – Gunakan perawatan tanah dan perawatan umpan.
  • Rayap kayu basah – Gunakan fumigasi untuk pengobatan.
  • Rayap kayu kering – Fumigasi adalah pengobatan yang paling efektif untuk rayap jenis ini.

Metode yang disebut “perawatan microwave” sangat efektif dalam membunuh rayap yang hidup di dinding Anda. Disebut demikian karena mesin microwave yang datar tapi besar diletakkan di samping dinding dan akan membunuh rayap di dalam dinding saat dinyalakan.

Jika Anda merawat kayu di rumah Anda, Anda dapat membantu mencegah masuknya rayap. Gunakan ini bersama dengan umpan dan perawatan tanah dan Anda harus dapat melindungi rumah Anda dari makhluk kecil yang jahat ini.

Tanda-tanda infestasi:

  • Lubang kecil di dinding rumah Anda
  • Tabung lumpur
  • Kayu membusuk
  • Noda di langit-langit dan dinding

Jika Anda yakin bahwa rumah Anda mungkin penuh dengan rayap, Anda harus menanganinya. Ada banyak layanan jasa anti rayap yang dapat mengambil tindakan untuk memusnahkan makhluk kecil yang mengganggu ini dan mendapatkan kembali rumah Anda. Namun, jangan lupa untuk terus mengecek rumah Anda di masa mendatang. Rayap dapat menyerang kembali rumah Anda kapan saja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *